Kamis, 20 November 2014

Pasar Terapung Lok Baintan





Banjarmasin, terkenal dengan julukan “Kota Seribu Sungai” ( A City of thousand river), hal ini disebabkan wilayahnya yang berada tidak jauh dari laut. Sehingga banyak aktifitas masyarakat di sini dilakukan di sungai. Salah satu contohnya adalah pasar terapung. Ya , pasar terapung, masyarakat Kalimantan Selatan so pasti tahu dong sama tempat unik yang satu ini....hehehe
Kalau ingat wisata di Banjarmasin,
pasti ingat pasar terapung. Pasar yang hanya beroperasi di pagi hari ini (sekitar pukul 06.00 s.d 09.00 WITA) memang terapung, karena seluruh aktifitasnya berada di atas sungai dengan perahu / sampan kecil atau dengan bahasa Banjar disebut jukung.  Pasar terapung di Kalimantan Selatan ada di dua tempat, yang pertama di muara sungai Kuin dan yang kedua ada di Lok Baintan ( masuk wilayah kecamatan Banjar ).  Yang saya posting di sini hanya yang di desa Lok Baintan, karena aksesnya yang lebih mudah dijangkau dan lebih rame daripada yang di Kuin.
 Perjalanan yang disuguhi sunrisenya yang indah

Perjalanan ke Pasar Terapung Lok Baintan ini bisa di tempuh melalui perjalanan darat dan melalui air. Perjalanan darat bisa ditempuh pakai mobil atau motor dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari kota Banjarmasin, sedangkan lewat air dengan menumpang klotok ( kapal bermesin) bisa di tempuh dalam waktu 30 menit dengan biaya sekitar 250 – 300 ribu rupiah (BBM masih belum naik ya).

Pagi hari di Lok Baintan

Pasar tradisional ini sudah berlangsung selama puluhan tahun yang lalu, dimana hasil kebun masyarakat setempat bisa dibeli disini seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. Tidak hanya itu, kue-kue tradisional yang sudah jarang ditemui pun kadang masih bisa dinikmati di pasar ini.


Jembatan Lok Baintan

Dan tentunya makanan khas Banjar yaitu Soto Banjar tak ketinggalan ikut meramaikan para penikmat kuliner dengan sensasi makan di atas perahu dengan sedikit goyangan-goyangan lembut gelombang sungai. Hmmm asyiik bukan...hehehehe Tak heran kalau Pasar Terapung Lok Baintan ini jadi tempat wisata yang paling banyak diminati.

 Lok Baintan Port





Formasi yang unik


Hiruk Pikuk di Lok Baintan

Transaksi

So, warga Kalimantan Selatan yang belum pernah berkunjung ke sini sangat rugi lho. Jelas saja, setiap minggunya ada saja wisatawan luar kota Banjarmasin dan tentunya wisatawan manca negara yang berkunjung menikmati keunikan dan keindahan tempat ini.



Jeruk

Dari balik jembatan Lok Baintan


Turis yang cuantik cuantik :D



Tak luput para fotografer juga sangat sering mengabadikan semua aktifitas di sini. Kearifan lokal masyarakat setempat yang alami dan tradisional yang hidup di bantaran sungai ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain tempat wisata yang murah meriah, unik dan indah tempat ini sangat layak berada di daftar teratas tempat yang dikunjungi.

Senyuman indah seorang penjual

Sisi lain Lok Baintan




1 komentar: